Sabtu, 07 September 2013

SEJARAH TALI-TEMALI


Tali temali juga merupakan salah satu dari keterampilan tertua yang di miliki manusia, yang mempunyai dua fungsi; kegunaan dan keindahan (dekorasi); di beberapa tempat tali-temali telah mempunyai unsur magis dan keperluan kepercayaan tertentu (misal seperti di India dan Amerika, pada orang-orang Indian).



Tali-temali telah lama tercatat dalam sejarah.
Dan merupakan bagian penting dari banyak peristiwa perdagangan dan kerajinan dan secara khusus di gunakan di kalangan para pelaut. Para pelaut yang berlayar dengan kapal pengangkut di abad ke-19 mengetahui dan telah menggunakan puluhan macam simpul dan mungkin termasuk yang paling terampil dalam hal ini. jumlah simpul yang  banyak tersebut mempunyai kegunaan masing-masing yang sangat spesifik. Di bawah ini adalah kegunaan tali-temali:

KEGUNAAN KHUSUS :

Salah satu dari aplikasi yang sangat berguna dari tali-temali adalah dalam proses pembuatan jaring nelayan (jala) untuk mencari ikan atau mengangkut barang (kargo) di kapal-kapal laut. Para pelaut dan nelayan dengan bantuan jarum dapat dengan mudah membuat jala. tali temali dapat di gunakan untuk berbagai kerajinan seperti tas, kantung, hiasan dinding, jaring basket, dan sebagainya.

JENIS - JENIS ANYAMAN TALI-TEMALI :

  1.  Anyaman pendek
  2.  Anyaman mata
  3.  Anyaman rantai
  4.  Anyaman ujung
  5.  Anyaman tali
  6.  Anyaman kancing
  7.  Anyaman cincin

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar